memilih kostan
kost-an saya tampak depan, hehe,,, kurang lebih seperti ini, tapi kebanyakan kurangnya. (sumber gambar: kostvip.wordpress.com)

–      Oh,,, gitu yah… jadi anda menikmati kehidupan di kostan, sampai-sampai anda jarang pulang ke rumah.

Ya.

–      Tadi anda bilang bahwa semua ada hikmahnya. Maksudnya apa?

Ya tadi, meskipun ketika saya tinggal di kostan dengan serba kekurangan saya betul-betul merasakan hikmahnya, hikmahnya banyak, kita bisa mengerti arti sebuah kebersamaan, saya kasih contoh. Ketika saya pindahan kostan yang ketiga, saya ngontrak bareng-bareng teman, dan mempunyai satu teman baru, sebut saja namanya Osnon, nah si Osnon ini ternyata belum terbiasa dengan kehidupan kita yang barbagi, kehidupan kita yang makan bareng-bareng pake daun pisang atau pake nampan (alat buat bawa hidangan ke tamu), kehidupan kita yang saling melengkapi, Nah si Osnon terkadang makan sendiri di luar, jika kita makan dia ikut bareng makan, namun tidak pernah nyumbang.

Karena kebiasaan yang serba sendirinya, terutama makan, akhirnya ada beberapa temen yang kesal dengan si Osnon. Namun saya bilang sama dia, “Tenang aja, nanti juga terbiasa dan bisa menyesuaikan dengan kita”.

Beberapa bulan kemudian, kata-kata saya terbukti, Osnon ternyata bisa menyesuaikan dan memahami apa arti kebersamaan kita, dia mulai membawa makanan sehabis pulang kampong, dia ikut patungan beli makanan dan bisa bercanda bareng kita.

–      Segitu doing hikmahnya?

Anda ini pernah ngekost nggak sih, cobain deh ngekost, saya jamin anda akan merasakan hikmah dan asiknya.

–      Lho kok kayak yang marah gitu, yowis, kalau gitu saya ganti topic.

b. Kost-an

–      Kostan seperti apa sih yang enak?

Oke, pertanyaan seperti ini jawabanya pasti berbau tips, baiklah saya akan berbagi  dengan anda tentang tips memilih kostan seperti apa yang enak dan bagaimana memilihnya. Benerkan?

–      Iya, iya, jawab dong jangan banyak prolog.

Pertama? Inget dulu tujuan kita ngekost? Untuk apa dulu anda ngekost? Kalau anda tujuannya seperti saya supaya bisa kuliah dengan efektif dan efisien, maksud efektif adalah tidak usah ribet-ribet pake kendaraan lagi ke kampus, hanya dengan jurus 20 langkah ke kampus, dan efisien, meghemat biaya atau ongkos maka ngekostlah deket kampus.

Kalau yang sekolah carilah kostan yang deket dengan sekolah, dan, kalau yang kerja, maka carilah kostan yang deket dengan tempat kerja.

Namun terkadang ada juga temen kuliah saya yang nyari kostan malah yang deket dengan pasar atau mall, katanya biar mudah belanja, dan gak susah cari makanan pas laper malem-malem kalau lagi begadang. Yang tadinya ngekost supaya bisa mandiri, dan belajar ngirit ini malah tambah boros, gak cukup duit sejuta dalam sebulan. Itu yang salah.

–      Jadi, kita harus tau tujuan kita ngekost dulu?

Ya, tepat.

–      Selanjutnya?

Lanjutan apa?

–      Ya tips nya? Masa Cuma segitu?

Oke, saya lanjutkan, tips berikutnya adalah minim cost, fasilitas lengkap. “emang ada?”, pasti anda mau nanya seperti itu? Hehe.

Pasti ada, maka cari dulu, seleksi dulu, pasti ada kostan murah dengan asilitas lengkap, maksud saya fasilitas lengkap adalah fasilitas kost-an dasar yang dibutuhkan oleh kita, misalnya kamar mandi didalam, kamar tidur, ventilasi udara, jendela dan lain-lain, hehe.

Akan lebih asyik lagi jika dengan hanya mengeluarkan minim cost kita dapatkan kasur empuk, AC atau kipas angin, lemari baju, meja belajar, fasilitas internet semisal wifi, dan kamar mandi pake shower, hehe.

Namun seperti yang saya katakan tadi, fasilitas dasar kostan yang lengkap yang menjadi sasaran kita untuk memmilih kostan, jangan sampai harga murah kamar mandi didalam akan tetapi kamar tidur di luar, haha.

fasilitas kost-an vip
cari kost-an harga murah, tapi fasilitas kamar seperti tampak pada gambar, hehe (gambar: ruangandini.blogspot.com)

–      Bisa aja anda ini.

Ya, minimal kamar mandi didalam, terutama buat cewe, karena memilih kost-an yang kamar mandi diluar sangat riskan, takut-takut nanti ada yang ngintip. He.

Bersambung Kesini yah (tinggal klik)

Baca Juga sebelumnya.

Ibu Kost Rewel 

