Bagi pemakai club Barcelona memang sangat jarang membuat gol dengan tendangan penjuru di PES 2013, namun setelah sekian lama malang melintang di dunia per PES-an akhirnya saya menemukan sebuah cara untuk menjebol gawang lawan melalui tendangan penjuru. Yang mungkin bagi pemakai Madrid atau PSG mudah dilakukan. Namun cara nya agak sedikit berbeda dengan cara pada umumnya tendangan penjuru.

Caranya, pertama cara ini sepertinya hanya bias digunakan dengan formasi striker tunggal (Vila/Pedro, terkadang Sanches juga bisa), karena dengan menggunakan formasi lain cara ini jarang berhasil.

Kedua, Penendang sepak pojok tidak harus memiliki skil assist yang mumpuni, karena penendang kedualah yang akan menentukan. Biasanya jika pake penyerang tunggal penendang kedua adalah Second Striker (SS) atau Pemain sayap.

Ketiga, tidak mengumpan langsung ke depan gawang, namun gunakan peman SS tadi mendekati penendang dengan menekan L1 maka SS akan mendeketi penendang sepak pojok.

Keempat, lakukan assist secara cepat (balik badan dan umpan /O dua kali ) –karena biasanya SS tadi akan dibayangi/diikuti oleh pemain belakang lawan.

Kelima, lakukan sundulan menadadak atau tendangan balik bandung oleh Striker yang sudah menunggu didepan gawang lawan. Dan Golll,,, kemungkinan Golnya 90 persen lho. Hehe.

Namun, bagi Madrid menjebol lawan dengan tendangan penjuru adalah hal yang mudah dilakukan, hanya dengan memilih penendang sepak pojok yang baik (Xabi Alonso, Dimaria, atau Ozil) kemudian tekan O dua kali, dibarengi arah kanan atau kiri yang akan menyebabkan bola melengkung (curve) maka Benzema atau Ronaldo akan langsung menyambutnya dan mengkonversikan menjadi gol.

Makanya Madrid di PES ini memang unggul,  tapi saya tetap  bisa membuktikan bahwa Barcelona adalah Tim terbaik di dunia Game PES.

Advertisements