kurang lebih ikan cupang saya mirip kayak ini

Dari dulu, dari awal saya ngekost, emang saya pengen punya aquarium, bahkan bukan cuma itu, sebenarnya sih pengen punya taman, punya banyak bunga, punya kelinci, ayam dan lain-lain, namun, semuanya belum kesampaian secara sempurna, hehe, baru punya bunga aja, itu juga paling 4 sampe 5 pot, dan kebanyakan bunganya pada kurus-kurus, kurang dipupuk kali.

Oh iya, adalagi, sekarang saya punya 6 ikan hias, satu ikan cupang, satu lagi kalau ga salah namanya oscar (entah bukan) dan yang lainnya ikan emas kecil-kecil, (ikan emas yang biasa buat pakan ikan arwana itu lho), semua ikan-ikan itu dapat di kasih temen saya, aspul (terimakasih aspul), dan minggu depan katanya saya mau dikasih aquarium asal saya harus beli ikan-ikannya di kios ikan hias miliknya.

Sebenarnya saya belum begitu paham seluk beluk ikan hias, makanya kemarin saya main ke kios ikan hias milik aspul dan menanyakan banyak ikan hias, dan lumayan, saya sedikit banyak tau tentang ikan hias, jadinya. Ada yang namanya ikan mempis, oscar, lemon, aligator (bukannya aligator itu buaya yah), arwana, mas koki, dan ikan cupang (kenapa namanya ikan cupang yah?, kapan-kapan saya cari di internet, kenapa ikan itu namanya cupang).

Yang saya tau ikan cupang itu selalu dipisah dengan ikan-ikan lainnya, bahkan sesama jenis ikan cupang pun tidak boleh disatukan, karena ikan ini bersifat aduan (ikan buat di sparing in gitu deh), katanya kalau disatuin dengan ikan lainnya bisa-bisa mereka bertengkar sampai ikan tersebut rusak sirip dan ekornya, bahkan sampai mati.

Tapi, saya juga  pernah liat jenis ikan cupang hias, dengan sirip dan ekor yang indah, saya juga liat beberapa gambar ikan cupang di Internet, dan memang sangat indah, warnanya bervariatif dan eksotik apalagi jika ikan tersebut melebarkan ekor dan siripnya, yang tadinya kecil jadi nampak elok dan gagah.

Dan ternyata, ikan hias yang satu ini htidak ribet ngerawatnya, cukup dengan botol dan sedikit air, ikan ini akan bertahan hidup tanpa airator, tidak seperti kebanyakan hias lainnya. Dan inilah salah satu alasan saya memilih ikan cupang untuk mengawali saya mempunyai ikan hias sebelum punya aquarium. Nah buat pembaca yang ingin tau bagaimana caranya merawat ikan cupang, silahkan baca, cara merawat ikan cupang, mudah kok.

