sparkarate/taekwondo

Di Postingan Sebelumnya, saya sering bilang kata 1, kata 2 atau kata 3, dalam Karate –kalau ga salah- jurus-jurusnya namanya kata sedangkan di Taekwondo namanya pomsae (baca di wikipedia.com), sebelumnya ada basic, seperti basic 1, basic 2 dan selanjutnya. baca Antara Taekwondo dan Karate

Kemudian di Karate, selain ada kata atau jurus, ada juga kumite, kumite ini adalah tehnik bertanding atau sparing/duel satu lawan satu, dalam kejuaraan biasanya diperlombakan seni kata dan juga kumite, sewaktu karate.

Sedangkan istilah sparing/duel di takwondo sebutannya Kyoruki, istilah itu juga kalau ngga salah, saya belum mengetahuinya secara banyak.

Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Seni bela diri ini pertama kali disebut “Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama adalah ‘Kara’  dan berarti ‘kosong’. Dan yang kedua, ‘te’ , berarti ‘tangan’. Yang dua kanji bersama artinya “tangan kosong”  (pinyin: kongshou). (wikipedia)

Sedangkan Taekwondo adalah olahraga bela diri asal Korea yang juga populer di Indonesia, olah raga ini juga merupakan olahraga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan di Olimpiade. Taekwondo di Indonesia semakin populer sejak dipromosikan secara besar-besaran oleh Saseong Nim Daxon Joetandi (Dan VII Kukkiwon), seorang bankir profesional yang terkenal sebagai pemegang sabuk hitam termuda di Indonesia sejak berumur 7 tahun. (wikipedia)

Tapi, pada dasarnya, perbedaan yang keliatan menurut saya adalah karate lebih banyak menggunakan tangan sedangkan taekwondo lebih dominan kakinya, sedangkan kayaknya jurus-jurusnya beda beda dikit, liat aja langkah di kata 1 dan basic 1 kayaknya sama deh, beda gerakan tangannya doang. Yang jelas semuanya indah, saya suka.

Advertisements