image from kompas.com

” Kenyataannya kalau semua vokalis yang melayu pasti kiblatnya ke Ariel, cara nyanyi, cara napas. Perhatikan saja, ini kan berarti dia diperhatikan banyak orang,” (Armand Maulana, Vokalis Gigi/ dipostkan oleh kompas.com)

Selamat Datang Ariel, itulah yang saya ucapkan dalam benak saya ketika pada hari ini, Senin 23 Juli 2012 Nazriel Ilham atau Ariel Vokalis Peterpan itu dinyatakan bebas bersyarat oleh Rumah Tahanan Negara Klas I Kebon Waru, Bandung, baca kompas.

Jujur,( boleh ga? hehe), saya adalah salah satu dari ribuan penggemar Ariel Peterpan, saya punya 2 album miliknya dalam bentuk kaset. (waktu itu saya masih baru mengenal Kaset gulung, hehe) dan sampai saat ini saya tetep menyukai karyanya, meskipun beberapa tahun terakhir ini saya menyayangkan dengan kasus yang menimpanya. Namun pada dasarnya saya tetap mengidolakan Ariel dan Peterpan.

Selamat datang Ariel, Selamat kembali kejayaan Band garis miring Bukan BoyBand

Ariel menurut saya adalah pelopor Band indonesia, saya dikenalkan Ariel terhadap warna musik indonesia, oleh Ariel saya jadi suka dengerin musik, tadinya saya acuh tak acuh terhadap perkembangan musik indonesia, pada saat itu yang saya dengerin malah musik negeri tetangga, (malaysia), hayoh, siapa sih yang gak suka dengerin musik malaysiaan era 90an. Saya kira semua angkatan saya kenal semua dengan Search, Iklim, UKS dll.

Nah, kehadiran ariel pada waktu itu lagunya Mimpi yang sempurna di album Kompilasi kisah 2002 malam, membuka telinga saya merayu saya menggelitik hati saya untuk belajar mendengarkan dan menyukai musik indonesia, makanya tek elak ketika Peterpan mengeluarkan album pertama Taman Langit tahun 2003 saya langsung ke toko kaset perempatan Pamanukan, dan membelinya.

Saya bukan tidak kenal Jamrud, Slank, Gigi, Sheila On 7 dan boy band pada waktu itu seperti kahitna, Trio Libels dll, tapi intensitas saya mendengarkan lagu-lagu mereka jadi bertambah setelah saya kenal Ariel atau Peterpan, sehingga saya menyadari bahwa musik indonesia sungguh luar biasa.

Keberadaan Ariel dan Peterpan pun menjadi kebangkitan Grup band-grup band lainnya, banyak Band yang mengkiblat ke Peterpan, ambil contohnya D’Masiv, saya pernah melihat suatu acara disalah satu stasiun tv, bagaimana Ryan Vokalis D’masiv begitu mengidolakan Ariel, dan menurut saya band-band yang bermunculan juga banyak yang meniru gaya bermusik Peterpan. (bukan Cuma saya lho yang bilang, liat kutipan Armand diatas).

Tapi, apa yang terjadi, awal 2010 saya dikagetkan oleh (Jenis musik atau aliran atau apakah itu) Boyband yang sudah lama tidak muncul, kali ini Boyband yang mengacu pada bentuk boyband di Korea (Super Jenior, SNSD;Girlband, dll), Sm*sh sepertinya menjadi pelopor mereka, setelah keberadaan Sm*ash terbukti Boy band menjamur, bahkan mengalahkan jenis Band biasa.

Menurut beberapa temen saya, Fenomena menurunnya Popularitas Band di indonesia setelah adanya Boyband ditambah pada waktu itu hilangnya karya-karya Ariel, Peterpan yang sedang menjalani masa tahanan, Benarkah itu? Bisa ya, bisa tidak. Silahkan nilai sendiri. Hehe. Terkesannya seperti Band VS Boy Band aja yah.

Hari ini, Ariel bebas, akankah Band-band indonesia kembali bangkit dan mengalahkan popularitas Boyband? Meskipun saya menyukai semuanya. (yang penting mereka berkarya).

