Antara Taekwondo dan Karate.

maaf, ga nemu ilustrasi yang cocok buat keduanya. hehehe

Saya pernah belajar keduanya, meskipun di karate saya hanya sebatas hafal nyampe kata 3 atau jangan-jangan cuma kata 2 saja, itu juga dulu, sekarang mungkin udah pada lupa, hehe. Dan sekarang saya sedang belajar taekwondo, niatannya sih mau nyelesein sampai bersabuk hitam, ngga cuman sabuk putih. Hehe.

Di karate, saya dilatih oleh dua orang hebat menurut saya, simpei jul dan simpei nur, ditengah-tengah kesibukan mereka, mereka masih sempet datang dan melatih para karateka muda, termasuk saya pada waktu itu, haha ngakunya karateka padahal kumite aja belum pernah. Latihannya waktu itu di kodim 0605 Subang, kalau gak salah tiap hari senin, kamis sama hari minggu, para simpei dengan sabar melatih kami, meskipun menurut saya anak-anak karate pada waktu itu susah diatur, buat latihan ngadepin pertandingan aja susah banget, sempet saya lihat wajah simpei nur kesel ketika melihat anak-anak yang mau bertanding tidak pada datang. Tapi saya tahu, beliau adalah orang yang sabar, oh iya lupa, saya sampai saat ini merasa bersalah sama dia, soalnya pas keluar karate, saya cuma bisa pamitan di jalan.

Perguruan kami pada waktu itu, saya lupa namanya, tapi yang jelas ada nama perkumpulannya, saya nemunya juga di Fesbuk, INKANAS Kabupaten Subang, ga tau juga sebenarnya, entah itu perkumpulannya atau emang itu nama perguruannya.

Di karate juga, saya dikenalkan, lebih tepatnya mengenal, seorang cewe yang cantik, dan kayaknya smart. Jujur, cewe itu salahsatu alasan saya pada waktu itu rajin latihan karate. Tapi nanti aja deh saya bahasnya, soalnya postingan kali ini saya akan membahas, perbedaan antara karate sama taekwondo.

Sedangkan Taekwondo, saya baru masuk akhir Juni 2012 kemarin, Sebenarnya saya mau masuk dari awal 2012, namun waktu latihan yang selalu bentrok dengan jadwal kegiatan saya lainnya, sehingga niatan saya itu baru kesampaian akhir juni kemarin, Nana, ya, sabum Nana kenalan waktu pas sebuah acara dinas kepemudaan di Subang, Pemuda pelopor, yang mengajak saya untuk ikut latihan taekwondo, dan mengenal lebih jauh tentang taekwondo.

Di taekwondo ini, saya lihat anak-anaknya lebih solid, mereka juga rajin latihan, ada kelas mahasiswanya lagi, sekarang, saya juga kalau latihan bareng kelas mahasiswa, kebanyakan anak-anak fakultas hukum.

Kalau di Karate INKANAS, nah di taekwondo ini nama perkumpulannya, atau juga perguruannya adalah STS ASKO, singkatannya yang saya tau Cuma STS nya saja, Subang Takwondo School, Sabum Nana yang ngediriin.

Perbedaan antara Takwondo dan Karate. Baca disini.

Tags: , , ,

About epulkatama

sok penulis banget, penghayal tulen, calon playboy yang ga bisa merayu, calon suami dari perempuan cantik dan sholehah (entah siapa), calon sarjana pertanian, backpacker yang belum berangkat-berangkat, dan taekwondoin yang belum ujian kenaikan tingkat. jika penasaran berlanjut hubungi https://www.facebook.com/epulk

4 responses to “Antara Taekwondo dan Karate.”

  1. gee says :

    boleh tau alamat latihan taekwondonya dimana? dan no. tlp nya? terima kasih.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

