TIPS PES 2012 versi Epul Katama

4 November 2011

Saya paling suka maen game PES, sebenarnya belum lama saya mengikuti PES, kurang lebih sekitar 2 tahun lalu, dari mulai PES 2010. Pertama kali memainkannya (PES 2010) di PS 2 kemudian beralih ke PES 2011 yang bias dioperasikan di PC (Personal Computer), kebetulan saya punya temen yang menjadi pengurus BEM, Nah di Sekbem itulah biasanya saya dan kawan-kawan bertanding, hahah… Sementara kuliah jarang tapi saya tetap rajin ke kampus, tiap malam untuk main game PES. Hehe.

Pada dasarnya saya adalah orang yang diperhitungkan dalam pertandingan PES, namun di PES 2012 ini rupanya prestasi saya masih bias lebih tinggi dibandingkan teman-teman saya yang lain,, paling kalah juga diurutan ke-2 (gak nyampe ke Jurkun alias juru kunci) jika diadakan Liga hehe.

Langsung saja saya mau berbagi tips untuk bermain PES 2012 ini.

Dalam pertandingan seperti biasa saya menggunakan tim favorit yaitu Barcelona dengan Lionel Messi nya, Ada 3 hal yang menjadi kekuatan saya dalam bermain;

Pertama : Formasi yang saya gunakan dinamakan Formasi Pohon Cemara (karena bentuknya seperti Pohon Cemara (sebenarnya Formasi ini saya adopsi dari guru saya di PES) dengan sedikit perubahan dibeberapa lini. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Dengan formasi ini lebih mengutamakan Counter Attack (serangan balik) dalam artian pemain akan lebih konsentrasi di lini belakang, caranya yaitu dengan marking (dekeng) pemain musuh dan dengan tidak mempress setiap pemain yang membawa bola. Akan tetapi terus membayangi pemain, caranya dengan tidak menggunakan (X) tetapi menggunakan arah dan diimbangi speed untuk mengejar pemain musuh yang menyerang, yang perlu jadi catatan adalah awasi pemain musuh yang mempunyai teknik drible yang bagus dan umpan terobosan musuh, jika musuh mendapatkan bola terobosan kita tetap mengejar dengan tidak menekan tombol (X) dan jika sudah didalam kotak pinalti jangan sampai keeper kita maju dan mengambil bola akan tetapi tetap pada posisinya, kemungkinan besar jika hal ini dilakukan sooting akan terblok oleh keeper atau tipuan lawan akan terbaca dan gagal memasukan bola.

Kedua : Jika  serangan musuh terpatahkan dan bola dapat dikuasai yang harus dilakukan adalah dengan penguasaan bola (Ball Possesion), permainan tiki taka ala barca sebagai ciri khasnya untuk menguatkan mental pemain, setelah mendapatkan kesempatan maka lakukan serangan, serangan yang sering saya lakukan adalah dari sayap kanan, melalui Gerard pique kemudian Dani Alves, jika lawan penuh maka melalui (play maker) Xavi, setelah penguasaan permainan tengah kemudian Alves diutus untuk membawa bola dari sayap kanan dan menunggu timing untuk mengoper bola, biasanya pedro yang mengeksekusi kemungkinan gol 80 persen.

Ketiga : yang paling sering saya lakukan adalah melakukan Counter Attack dengan cepat dari belakang melalui Villa, tentunya dengan memberian umpan terobosan, setelah kita terus diserang biasanya pertahanan lawan menjadi lemah dan kosong karena ikut menyerang, kondisi seperti itulah dimanfaatkan oleh kita untuk melakukan terbosan dan pemain penyerang paling depan yang mempunyai speed diatas rata-rata yang melakukannya (Villa atau Messi) kemungkinan gol 95 persen

Ketiga :   Fungsi Messi di formasi ini adalah sebagai perusak barisan pertahanan lawan, biasanya Messi saya pakai untuk membuat bingung pemain lawan antara menorobos pertahanan dan mengeksekusinya atau mengumpan terobosan, dikarenakan Messi di PES 2012 ini masih mempunyai skill yang tinggi biasanya saya paksa dia untuk terus menerobos petahanan dan mengeksekusi, dan kemungkinannnya 80 persen

Nah, itulah tips epulkatama, dan yang paling utama adalah ketenangan pemain, sehingga walaupun sudah kemasukan bola pemain tetap tenang. Dengan ketenangan pasti kita bias membalikan keadaan.

Pokok’e Messi is the best lah. . . hehehe

2 Responses to “TIPS PES 2012 versi Epul Katama”

  1. […] banyaknya pembaca blog aepul yang ngontak saya (melalui kontak batin, hehe) tentang kembali menulis tips lanjutan PES 2012 ke PES 2013 maka dengan ini saya akan mencoba memberikan Tips sukses bermain PES […]

  2. […] Bagi pemakai club Barcelona memang sangat jarang membuat gol dengan tendangan penjuru di PES 2013, namun setelah sekian lama malang melintang di dunia per PES-an akhirnya saya menemukan sebuah cara untuk menjebol gawang lawan melalui tendangan penjuru. Yang mungkin bagi pemakai Madrid atau PSG mudah dilakukan. Namun cara nya agak sedikit berbeda dengan cara pada umumnya tendangan penjuru. […]

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.